22 Manfaat utama buah pisang yang mungkin belum ada tahu

Monday, May 8, 20171komentar

Salam jumpa dan salam kenal kepada para pengunjung baru, sudah lama saya tidak mengupdate label kesehatan ini, maka dari itu saya ingin melanjutkan menulis artikel untuk label kesehatan, karena kemarin saya sibuk di label blogger sekarang saya sempatkan untuk mengupdate label kesehatan ini.



Siapa yang belum tahu pisang, ya pisang buah yang memiliki rasa manis dan memiliki manfaat banyak. Sekarang ini banyak sekali yang belum mengetahui manfaat pisang (termasuk pembaca artikel ini)😀😀😁, oleh karena itu saya mengshare artikel ini. Oh iya jangan tersinggung yah yang belum tahu manfaat pisang, memang pisang sudah terkenal tetapi belum senua orang tahu manfaat buah pisang, jadi jika kalian juga belum tahu janganlah takut untuk mencari tahu, karena semua itu juga untuk diri kita sendiri. jika kalian ingin tahu silahkan baca artikel ini.


1. Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik sehingga baik untuk memperlancar peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menurunkan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Sumber energi

Ternyata pisang juga buat sumber energi buat kita. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

3. Nah walaupun pisang rasanya manis tetapi juga bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat dan cocok untuk penderita diabetes.

4. Menyeimbangkan jumlah cairan

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

5. Mengobati penyakit Anemia.

Pisang juga dapat mengobati penyakit anemia, karena Kandungan zat besi (Fe) yang ada di dalam pisang menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. saya sarankan untuk mengonsumsinya setiap hari yah.

6.Mengobati sakit maag

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag

7. Menurunkan resiko terjadinya Asma.

Pisang juga cocok untuk penderita penyakit asma, Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

8. Menambah nafsu makan bagi penderita penyakit Liver.

 Selain itu, pisang juga bisa menambah nafsu makan pada penderita  liver, cara penyajiannya adalah dengan cara mencampur buah pisang dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

10. Perut mu mules, tetapi sudah ke kamar mandi tiada hasil, makan aja buah pisang. Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.
 
11. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

 12. Pisang mampu mengobati jerawat
Siapa yang lagi masa pertumbuhan atau pubertas, pasti pernah mengalami jerawat. Daripada beli obat jerawat yang mahal lebih baik buat beli pisang yang enak dimakan. Ya pisang juga berguna untuk  mengobati jerawat caranya yaitu, pertama hancurkan daging/isi buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih, nah kalau sudah bersih sisanya tinggal dimakan biar kenyag.

13.  Menghaluskan kulit wajah

Dari penelusuran di berbagai sumber, ternyata pisang juga bisa menghaluskan kulit wajah. Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

14. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.
Manfaat Pisang Untuk Pengobatan

15. Pisang juga bermanfaat untuk menyehatkan Otak kita

Sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan. oleh karena itu pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi. Campurkan potongan pisang pada sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas.

 16. Menyembuhkan luka bakar

Kalian juga dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

17. Manfaat pisang bagi hamil

pisang juga cocok untuk seorang ibu yang sedang mengandung anaknya. Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijaudan manfaat kacang merah.

18. Pisang bermanfaat untuk bayi yang baru mulai makan padat.

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

19.  Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

20. Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

21. Mengurangi pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

22.  Meningkatkan mood dan menghindarkan stres

Buat anda yang sedang mengalami kehampaan dan suasana hati tidak senang. Buah pisang bermanfaat membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.

Nah bagaimana ? banyak sekali yah manfaat buah pisang. Maka dari itu, mulailah menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda dalam sehari hari. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi saya, anda, dan kita semua. Jangan lupa share yah.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonymous
January 23, 2023 at 8:06 AM

nice content

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan benar. komentar yang dianggap SPAM akan segera dihapus

 
Support : Kucing Bawuk | Bundel Template | bundel
Copyright © 2011. Bagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Gold Hamer Published by Bundel Template
Proudly powered by VIP Golden Hammer