Amankah menggunakan ponsel pada saat petir

Monday, March 20, 20170 komentar

Amankah Menggunakan Ponsel pada Saat Petir


          Di zaman sekarang banyak sekali yang sudah mempunyai smartphone, mereka seperti tidak bisa lepas dari smartphone, dari mulai bangun tidur hingga kembali tidur mereka sering memegang smartphone. Jika bermain di cuaca cerah tidak beresiko tetapi jika kita bermain di saat mendung dan petir bergemuruh, amankah kita bermain smartphone tersebut.
Memang pada sebuah perangkat seluler terdapat sejumlah logam yang bisa menghantarkan gelombang elektromagnetik. Jadi apakah bermain ponsel pada saat petir itu aman.



         Sejumlah produsen ponsel dan smartphone sebanarnya telah memperingatkan hal tersebut dalam buku panduan atau penutup baterai ponsel. Bahwa komponen logam pada ponsel ada yang bisa menangkap sinyal gelombang elektromagnetik hingga menghasilkan medan magnet. Medan listrik yang ada pada ponsel bisa mempengaruhi ion serta molekul udara sehingga berpotensi untuk megalirkan listrik saat hujan turun disertai petir. Namun hal ini juga tergantung, dimana kamu menggunakan ponsel tersebut.

Dilansir dari Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA), seseorang yang menggunakan ponsel di ruang terbuka, di dekat air, di sekitar struktur logam besar atau pohon lebih berpotensi terkena pengaruh buruk dari penggunaan ponsel saat hujan disertai badai. Petir memiliki kandungan listrik dan dapat menyambar melalui logam. Namun sebenarnya daya listrik yang terdapat pada ponsel sangatlah rendah dan kecil kemungkinan untuk tersambar petir, terlebih jika digunakan didalam ruangan.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, tidak ditemukan bahaya penggunaan ponsel saat petir. Ponsel atau benda dengan kandungan logam kecil lainnya tidak akan disambar petir, petir lebih cenderung mengenai benda yang berada pada ketinggian.

Meskipun dapat dikatakan aman, sebaiknya kita tetap saja berhati-hati. Gunakan ponsel bila suasana sedang darurat saja, nyalakan mode pesawat. Cabut ponsel anda dari charger, sebab lonjakan listrik secara tiba-tiba dapat terjadi bila sedang petir. Oke semoga artikel yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi kita semua, maaf jika ada salah kata yang kurang tepat saya mohon maaf sebesar-besarnya.😁😁😁
Share this article :
 
Support : Kucing Bawuk | Bundel Template | bundel
Copyright © 2011. Bagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Gold Hamer Published by Bundel Template
Proudly powered by VIP Golden Hammer