Pengertian dan Rumus Hukum Pascal

Sunday, April 16, 20171komentar

Pengertian dan Rumus Hukum Pascal serta Contoh Soal Hukum Pascal




  Hukum Pascal adalah hukum yang menyatakan bahwa tekanan yang dikenakan pada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan sama besar dan sama rata. Hal ini memiliki arti bahwa tekanan yang menekan wadah besarnya sama di segala tempat.

Hukum Pascal sendiri ditemukan oleh seorang ilmuwan fisika asal Prancis bernama Blaise Pascal. Hukum yang ia hasilkan ini diberi nama sesuai dengan namanya untuk memberi penghormatan pada dirinya. Hukum Pascal memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia di saat ini.


Berikut ini merupakan pembahasan tentang hukum pascal yaitu meliputi pengertian hukum pascal, bunyi hukum pascal, rumus hukum pascal, contoh soal hukum pascal, contoh hukum pascal, penerapan hukum pascal.

Pengertian Hukum Pascal

Blaise Pascal menyatakan bahwa: Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar. Yang selanjutnya dikenal dengan bunyi hukum pascal


Hukum Pascal adalah sebuah hukum fisika fluida yang menjelaskan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida statis di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan tekanan yang sama rata dan sama kuatnya.

Hal ini memiliki arti bahwa tekanan yang ada pada sebuah bejana sama besar di setiap tempat di bejana tersebut. Hal inilah yang dijadikan acuan atau prinsip dari hukum Pascal.

Hukum Pascal dirumuskan dengan baik oleh Blaise Pascal sehingga peninggalannya ini dapat diaplikasikan hingga saat ini. Berikut adalah rumus dari hukum Pascal.


Jika bejana kecil diberi tekanan maka tekanan tersebut akan diteruskan merata ke seluruh bagian bejana besar. Dengan demikian, gaya yang dihasilkan akan semakin besar.

Hukum Pascal menyatakan bahwa Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.

Rumus Hukum Pascal

Secara matematis, hukum Pascal dinyatakan sebagai berikut.


Keterangan:

P1 : tekanan bejana 1 (Pa)

P2 : tekanan bejana 2 (Pa)

F1 : gaya angkat bejana 1 (N)

F2 : gaya tekan bejana 2 (N)

A1 : luas permukaan bejana 1 (m2)

A2 : luas permukaan bejana 2 (m2)

Agar kamu lebih memahami penghitungan hukum Pascal, simak contoh soal berikut kemudian kerjakan pelatihan di bawahnya!


Manfaat Hukum Pascal

Hukum Pascal sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua penerapan dari pengertian hukum pascal dapat ditemukan di industri manapun. Hukum Pascal sangat memudahkan kegiatan manusia dan membuatnya menjadi lebih ringan. Berikut ini adalah manfaat dari hukum Pascal:

    Dapat memudahkan kegiatan manusia dan membuatnya menjadi lebih ringan, terutama jika berhubungan dengan benda-benda berat.
    Melancarkan kegiatan di banyak industri yang ada di dunia.
    Dapat diaplikasikan di banyak teknologi dan kebutuhan.
    Alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal masih bisa terus dikembangkan agar semakin memudahkan kehidupan manusia.


Contoh Soal Hukum Pascal

Sebuah dongkrak hidraulis memiliki penampang kecil dan besar masing-masing 10 cm2 dan 100 cm2. Jika beban seberat 200 N diletakkan pada penampang besar, tentukan gaya yang diperlukan untuk menekan penampang kecil!



Penyelesaian:

Diketahui:
A1 = 100 cm2
A2 = 10 cm2
F1 = 200 N

Ditanyakan:
F2 =…?

Jawab:


F2 = 20 N

Jadi, besar gaya angkat yang digunakan untuk menekan penampang kecil adalah



Jari-jari penampang besar dongkrak hidrolik adalah 2cm dan jari-jari penampang kecil adalah 2cm. Berapa gaya yang diberikan pada penampang kecil untuk mengangkat sebuah truk seberat 2 ton?

Pembahasan:

Diketahui :

r1 = 2 cm = 0,02 m

r2 = 25 cm = 0,25 m

A1 = (3,14)(0,02)2 = 0,001256 m2

A2 = (3,14)(0,25)2 = 0,19625 m2

F2 = w = m g = (2000)(9,8 m/s2) = 19600 N

Ditanya : F1 ?

Jawab :

F1/A1 = F2/A2

F1/0,001256 = 19600/0,19625

F1/0,001256 = 99.872,6

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

September 27, 2019 at 2:57 AM

Terima kasih kak

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan benar. komentar yang dianggap SPAM akan segera dihapus

 
Support : Kucing Bawuk | Bundel Template | bundel
Copyright © 2011. Bagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Gold Hamer Published by Bundel Template
Proudly powered by VIP Golden Hammer